Workshop SPAK-KPK Untuk PAUD Surabaya

Lima orang mahasiswa semester 2 program studi Administrasi Niaga Politeknik NSC Surabaya(Renny, Irfa, Irania, Merita dan Zakky) kembali diminta terlibat sebagai Fasilitator dalam acara Workshop “Guru Antikorupsi, Penggerak Perubahan” bagi 1.000 guru PAUD di Kota Surabaya pada Senin-Selasa (28-29/3) di Surabaya Convention Hall, Jalan Arief Rachman Hakim No. 131-133, Jawa Timur (http://www.kpk.go.id/id/berita/siaran-pers/3345-kpk-bekali-1-000-guru-nilai-antikorupsi).

Acara yang berlangsung dua hari ini merupakan wujud kerjasama antara AIPJ(Australia Indonesia Partnership for Justice, http://www.aipj.or.id/in/anti_corruption) dengan KPK(Komisi Pemberantasan Korupsi), dimana KPK menggandeng Pemerintah Kota Surabaya dalam Sosialisasi program-program pencegahan korupsi sejak dini pada masyarakat.  Dalam acara tersebut, selain paparan mengenai seluk-beluk Korupsi baik dari Humas KPK dan Pakar Hukum UI serta sambutan dari Ibu Walikota kita, diadakan juga Pelatihan Permainan SEMAI(Sembilan Nilai Anti Korupsi) beserta pembagian alat permainan tersebut kepada 1000 guru PAUD dari 31 Kecamatan se-Surabaya. Dibawah koordinasi Komunitas Relawan SPAK(Saya Perempuan Anti Korupsi) Jatim dan Surabaya bersama fasilitator-fasilitator lain dari berbagai Kampus dan Sekolah di Jatim, kelima mahasiswa kita memberikan pelatihan cara menggunakan dan memimpin permainan SEMAI terhadap semua guru PAUD yang diundang. Ada sekitar 12 jenis permainan SEMAI yang menarik yang dilatihkan dalam Workshop ini.

Acara berlangsung seru dan akrab karena hampir seluruhnya yang terlibat adalah kaum perempuan, baik dari peserta, relawan maupun panitia(PNS Pemkot dari BKD, DIKNAS, BKPPM, INFOKOM, dll), bahkan nara sumber. Sebagai penghargaan, seluruh Fasilitator dan penggerak utama SPAK mendapat kesempatan untuk berbincang dan makan malam bersama diGARDEN PALACE HOTEL ditemani Wakil Ketua KPK Ibu Basaria Panjaitan, Humas KPK Ibu Yuyuk Andriati, Wakil AIPJ Ibu Yuni Shah Putri, Pakar Hukum UI sekaligus penggagas permaian SEMAI Bapak Gandjar Laksmana, Wakil dari Pemkot Ibu Umi Kustyowati, beserta undangan lain. Pada kesempatan tersebut juga dipaparkan mengenai sejauh mana perkembangan minat dan pelaksanaan gerakan anti korupsi di Jatim dan Surabaya khususnya. Komitmen Kampus Politenik NSC Surabaya untuk menjadi Kampus Anti Korupsi juga disampaikan kepada KPK dan AIPJ di sela-sela perbincangan yang akrab dan mendapat sambutan yang hangat dari forum. Diharapkan ke depan Sosialisasi SPAK makin menyebar baik di lingkungan kampus maupun di luar kampus yang digagas oleh Kampus bersama Koordinator SPAK Surabaya dan Jawa Timur dibawah naungan AIPJ dan KPK.

Jika berminat menjadi Relawan Fasilitator SPAK, rekan-rekan mahasiswa perempuan dapat menghubungi Ketua HMJ Administrasi Niaga sekaligus Koordinator SPAK Kampus Politeknik NSC Surabaya, Renny Anggaini(foto bawah, pertama dari kiri).